Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Belajar Yang Betul Terbukti Meningkatkan Prestasi

Setiap murid pasti ingin mendapat nilai raport bagus di sekolah. Itu artinya kita harus menjadi siswa yang pandai. Sedangkan satu-satunya cara agar menjadi pintar adalah dengan belajar. 

Meski saat ini banyak sekali murid yang berpikir tidak masuk akal, ingin mendapat nilai bagus tapi tidak mau belajar. Kita akan menyimak uraian di bawah ini mengenai bagai tips yang betul dalam cara belajar kita.

Belajar Sesaat Setelah Bangun Pagi

Waktu pagi yang dimaksud di sini adalah setelah waktu shalat shubuh. Atau kira-kira mulai jam 5 an. Atau kalau lebih-lebih sedikit ya tidak apa-apa, yang penting sebelum makan pagi menjelang berangkat sekolah. Kenapa harus belajar di waktu pagi?

1. Syaraf Otak Dalam Kondisi Sangat Prima

Bagi otak kita pagi hari setelah bangun pagi bagi ibarat motor baru saja diperbaiki dan ganti oli, jadi masih sangat segar. Belum banyak hal yang kita pikirkan sehingga tidak mengacaukan syaraf-syaraf otak kita. 

Dengan otak yang masih fresh ini maka daya tangkap kita terhadap materi yang kita pelajari juga semakin tajam dan cepat masuk. Jadi, ayo jangan malas bangun pagi dan segera buka buku meski hanya sekedar setengah jam.

2. Faktor Eksternal Tidak Bising

Pagi hari biasanya tidak seramai siang hari. Makin pagi maka suasana akan semakin sunyi. Ini dikarenakan belum semua orang bangun tidur dan belum banyak yang beraktifitas. Suasana tenang adalah salah satu cara belajar yang benar.

Karena itu tidak heran di masa sekarang banyak kampus-kampus yang awalnya berada di tengah kota lalu pindah ke daerah pinggiran yang sunyi. Tujuannya tidak lain ya itu tadi, mendapatkan lingkungan pembelajaran yang nyaman dan jauh dari hiruk pikuk kota.

Tips Hafalan Yang Sudah Terbukti

Tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak mata pelajaran yang membutuhkan kemampuan menghafal. Selain matematika, ada juga bahasa Inggris, IPA, IPS dan beberapa mata pelajaran yang lain.

Kalau kita tidak mempunyai cara menghafal yang khas dan menyenangkan maka bisa-bisa kita justru merasa bosan dan malas. Apalagi model pembelajaran saat ini memang tidak terlalu mementingkan hafalan.

1. Menghafal Menggunakan Jembatan Keledai

Istilah ini sangat terkenal sejak zaman dulu. Secara sederhana pengertian jembatan keledai adalah susunan kata atau kalimat tertentu yang merupakan ringkasan dari sebuah paket hafalan.

Beberapa contoh yang bisa disebutkan di sini adalah ADIK SIMBA untuk Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana. Ini terkait dengan materi pelajaran bahasa, baik bahasa Inggris, bahasa Indonesia bahkan bahasa Jawa. Lebih khusus kaitannya dengan 5W + 1 H, What, Where, Who, Why dan How.

Ada juga cara khusus menghafal tabel periodik kimia dengan Bebek Mangan Coro ( Be, Mg, Cr) dan lain-lain. Kalau anak SD yang paling terkenal adalah mereka menyebut warna pelangi dengan mejiku hibiniu (merah jingga hijau biru nila ungu). 

Dan masih banyak lagi. Kita bisa membuat jembatan keledai itu sesuka kita. Usahakan rangkaian kata-katanya benar-benar unik, kalau perlu yang lucu sekalian. 

2. Bernyanyi Sambil Melatih Hafalan

Ini banyak juga contohnya. Misalnya arah mata angin : timur tenggara selatan barat daya barat barat laut utara timur laut. Atau nama-nama nabi. 

Kalau dalam bahasa Inggris malah banyak lagi, misalnya: this is a window, this is a door...etc. Bagi yang pernah belajar bahasa Arab maka pasti juga tidak asing dengan sering bernyanyi saat pelajaran. 

Dengan bernyayi bersama-sama ternyata tak terasa lama-lama sebagian besar anak akan hafal. Pengalaman juga membuktikan bahwa materi pelajaran yang sudah pernah hafal dengan cara dilagukan ini akan bertahan sangat lama di memori kita. Bahkan tak akan lupa sepanjang usia.

Jangan Belajar Sendirian

Sudah tak diragukan lagi manfaat dari belajar kelompok. Saat sendiri kita akan sangat kesulitan memotivasi diri kala kemalasan itu menyerang.

Apalagi kalau sedang galau. Apa-apa serba malas. Lain halnya bila kita mau berkumpul dengan teman. Segala kesuntukan yang kita rasakan bisa hilang karena ada teman yang lucu misalnya. Pokoknya pikiran kita akan teralihkan saat bersama teman-teman. Tidak melulu fokus dan ingat dengan masalah kita sendiri saja. Selain itu dengan belajar kelompok sebuah tugas akan lebih cepat dan mudah diselesaikan. Bukankah otak 5 anak lebih berdaya dibanding otak 1 anak saja?

Demikian beberapa hal yang bisa kita lakukan agar kita bisa belajar dengan cara yang benar. Harapannya keinginan menjadi murid yang pintar agar cepat terwujud. Jangan ragu untuk berdiskusi melalui kotak komentar ya.


Post a Comment for "Tips Belajar Yang Betul Terbukti Meningkatkan Prestasi"