Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Peluang, Statistika, Bangun Ruang Sisi Datar

Soal-soal ini bisa langsung copas saja. Soal peluang dan statistika ini bisa digunakan sebagai soal pengayaan untuk siswa kelas VIII SMP.

Soal pengayaan adalah salah satu instrumen yang digunakan dalam program pengayaan bagi siswa yang mendapat nilai melampaui KKM dalam suatu penilaian. Sedangkan untuk murid yang memperoleh nilai di bawah KKM maka harus mengikuti program remedial.

Soal pengayaan Matematika ini terbagi atas 3 pokok bahasan, yaitu Peluang, Statistika dan Bangun Ruang Sisi Datar. Bukan pilihan ganda namun berbentuk isian dan uraian. Sangat cocok dipakai untuk memperkaya kompetensi siswa. 

PELUANG

1. Ekowati beserta 6 sahabatnya sedang mengadakan pemotretan untuk perpisahan. Mereka berfoto bersebelahan dari kanan ke kiri. Banyaknya kombinasi susunan Ekowati dan 4 sahabatnya dalam pemotretan adalah... 

2. Banyaknya bilangan ratusan yang dapat dibentuk dari faktor 6 tanpa ada pengulangan angka adalah...


3. Dua buah dadu dilempar bersamaan, peluang munculnya angka kembar adalah... 

4. Di dalam lemari Reihana ada 4 kerudung warna kuning, 6 kerudung warna hijau, dan 6 kerudung merah. Peluang Reihana mengambil kerudung berwarna kuning adalah... 

5. Menurut penelitian orang yang orang tuanya menderita diabetes maka dia berpeluang menderita diabetes juga. Jika peluang pada orang yang orang tuanya menderita diabetes adalah 6 % maka peluang tidak akan menderira diabetes pada orang yang orang tuanya tidak menderita diabetes adalah...

STATISTIKA

1. Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kantor Bupati Kudus akan dilakukan tes swab antigen terhadap para pegawai. Tuliskan populasi dan sampel dari pernyataan tersebut! 

2. Dari remedial yang dilakukan dalam pembelajaran bahasa Inggris didapatkan nilai sebagai berikut 80, 75, 85, 75, 75, 80, 80, 85, 80, 80. Tentukan mean, median dan modusnya! 

3. Dari hasil wawancara terhadap 160 anak diperoleh data bahwa anak yang suka main mobile legend ada 64 kemudian yang suka main PUBG mobile ada 40 lalu 32 anak suka main Free Fire dan sisanya main Stone Age World. Buatlah diagram lingkaran berdasarkan data tersebut!

4. Jelaskan perbedaan data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif! 

5. Dari hasil wawancara terhadap 10 petani tentang hasil panen blewah ( dalam ton) diperoleh data sebagai berikut 10, 15, 25, 10, 15, 25, 15, 15, 10, dan k. Tentukan nilai k jika rata-rata hasil panen 16 ton!

BANGUN RUANG SISI DATAR

1. Apipah mempunyai sebuah akuarium dengan ukuran panjang 30 cm, lebarnya 20 cm dan tingginya 25 cm. Berapa liter air yang dibutuhkan Apipah untuk memenuhi akuariumnya! 

2. Salamah mendapatkan tugas untuk membuat miniatur bangunan di dunia. Dia berencana membuat miniatur piramida yang ada di mesir. Jika dia membuat kerangka piramida dengan panjang alas 45 cm dan tinggi segitiganya 10 cm. Hitunglah luas kertas yang diperlukan Salamah untuk menutupi miniatur piramidanya? 

3. Tuliskan jumlah sisi, titik sudut dan rusuk pada prisma segi enam! 

4. Masjid Baitussalam akan membangun sebuah penampungan air wudhu berbentuk kubus dengan kapasitas 4096 liter. Berapa meter panjang sisi penampungan wudhu tersebut?

5. Utomo akan mengirimkan paket kepada Asih. Kemudian dia mengukur kardus yang akan digunakan dan diperoleh ukuran 3p cm, 24 cm dan 40 cm. Hitunglah luas kertas yang dibutuhkan Utomo untuk membungkus paket tersebut.

Demikian 15 soal peluang, statistika dan bangun ruang sisi datar ini. Semoga soal-soal ini bisa membantu peningkatan kemampuan siswa.


Post a Comment for "15 Soal Peluang, Statistika, Bangun Ruang Sisi Datar"