Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat






Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Halo sob.. kali ini saya akan membagikan tips and trik lagi,,Tentang cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat
Jerawat bisa menjadi kondisi kulit yang menyakitkan dan memalukan, dan bekas luka yang ditinggalkannya adalah sesuatu yang tidak disukai. Seorang dokter kulit dapat membantu menghilangkan bekas luka yang timbul atau berlubang. Meskipun noda hiper-pigmen bisa memudar setelah beberapa bulan, Anda dapat membantu mempercepat prosesnya. Secara realistis, Anda tidak akan bisa menghilangkan bekas jerawat dalam satu malam, tetapi solusi, produk, perawatan, dan tips perawatan kulit yang diuraikan di bawah ini tentu saja akan menghasilkan perbedaan nyata dari waktu ke waktu. Anda hanya perlu menemukan metode yang tepat untuk jenis kulit Anda.

1.Menghapus Bekas Luka Diadu atau Diangkat

A.Identifikasi jenis bekas luka apa yang Anda miliki
 Jika bekas luka Anda tertekan atau berlubang, maka Anda mungkin perlu bantuan dokter kulit untuk menghilangkannya. Berbagai jenis bekas luka merespon dengan baik terhadap berbagai jenis perawatan.

    Bekas luka bergulir miring. Mereka mungkin membuat kulit Anda terlihat bergelombang.
    Bekas luka gerbong luas dengan punggungan yang jelas.
    Bekas luka Icepick kecil, sempit, dan dalam.

B.Dapatkan perawatan laser
 Bekas luka ringan atau sedang dapat dihaluskan menggunakan laser. Laser ablatif menguapkan bekas luka sehingga kulit baru bisa terbentuk di tempatnya. Laser non-ablatif digunakan untuk merangsang produksi kolagen untuk memperbaiki kulit di sekitar bekas luka.

    Perawatan ini bekerja paling baik dengan bekas gerbong bergulir dan dangkal.
    Pesan janji temu dengan dokter kulit Anda untuk membahas pilihan Anda dan berbicara tentang risiko potensial dan efek samping.
    Pilihlah perawatan laser ablatif jika Anda memiliki bekas luka yang dalam, atau perawatan laser non-ablatif jika bekas luka Anda ada di permukaan.


C.Mintalah dokter kulit Anda untuk eksisi punch
Jika Anda memiliki bekas luka icepick atau gerbong, dokter kulit Anda mungkin dapat menghilangkannya dengan menggunakan teknik pukulan. Mereka akan memotong area di sekitar bekas luka dan kemudian membiarkannya sembuh menjadi kulit halus.

D.Pertimbangkan untuk mengisi
Bekas jerawat dapat meninggalkan lekukan permanen di kulit Anda yang tidak mungkin untuk dibalik. Suntikan pengisi sementara dapat mengisi lekukan ini untuk membantu meratakan permukaan kulit, tetapi perlu diulang setiap empat hingga enam bulan.

E.Tutupi bekas luka yang terangkat dengan silikon
 Lembaran silikon atau gel dapat membantu mengurangi bekas luka. Oleskan silikon ke bekas luka setiap malam. Cuci di pagi hari dengan pembersih yang lembut. Selama beberapa minggu, kulit akan menjadi lebih rata.

2.Mengobati hiper-pigmentasi

A.Mulailah dengan Krim 
 Krim membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meningkatkan penyembuhan. Bicaralah dengan dokter Anda untuk menentukan jenis krim yang tepat untuk Anda.
Krim tersedia dalam bentuk resep dan bebas. Hanya oleskan krim ke kulit yang sakit, dan pastikan untuk membaca label untuk petunjuk penggunaan.

B.Cobalah Krim pencerah Kulit bebas resep untuk warna kulit terang
 Krim pemutih yang mengandung bahan-bahan seperti asam kojic, arbutin, ekstrak licorice, ekstrak mulberry, dan vitamin C dapat membantu meringankan dan memudarkan hiperpigmentasi kulit yang disebabkan oleh bekas jerawat tanpa menyebabkan kerusakan atau iritasi.

    Hindari produk yang mengandung hydroquinone, karena bahan kimia pencerah kulit yang populer ini dapat mengiritasi kulit Anda dan telah diberi label sebagai karsinogen potensial.
    Jika Anda memiliki kulit yang lebih gelap, hindari krim pemutih. Mereka secara permanen dapat menghapus melanin dari kulit Anda, yang dapat membuat noda lebih buruk

C.Gunakan Perawatan Asam Glikolat atau Salisilat
Asam glikolat dan salisilat ditemukan di banyak produk perawatan kulit, seperti krim, lulur dan salep, karena merupakan pengelupas yang efektif yang membantu kulit untuk meluruhkan lapisan, membawa kulit hiperpigmentasi ke permukaan, sebelum membantu menghilangkannya sepenuhnya.

D.Gunakan Produk Kulit Retinoid
Retinoid adalah turunan vitamin A yang digunakan dalam beragam produk perawatan kulit yang mengobati garis-garis halus dan kerutan, perubahan warna kulit, dan jerawat. Retinoid meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat pergantian sel, menjadikannya pilihan tepat untuk menargetkan bekas jerawat. Krim ini bisa sedikit mahal, tetapi sangat direkomendasikan oleh dokter kulit untuk hasil yang cepat dan efektif.

    Anda dapat membeli beberapa krim retinoid tanpa resep, seperti yang diproduksi oleh merek perawatan kulit utama. Namun, krim yang lebih kuat tersedia dengan resep dari dokter kulit Anda.
    Bahan-bahan dalam krim retinoid sensitif terhadap sinar UVA di bawah sinar matahari, jadi krim ini hanya boleh diterapkan pada malam hari untuk melindungi kulit Anda.

3.Menggunakan Obat Alami

A.Oleskan Jus Lemon Segar
Jus lemon memiliki sifat pemutih kulit alami, dan dapat membantu meringankan bekas jerawat Anda secara efektif. Cukup campurkan jus lemon dan air dengan jumlah yang sama dan oleskan cairan ini langsung ke bekas luka Anda, hindari kulit di sekitarnya. Cuci jus lemon setelah 15 hingga 25 menit atau Anda bisa memakai jus lemon dalam semalam sebagai masker.

    Ingatlah untuk melembabkan segera setelah mencuci jus, karena asam sitrat dalam lemon bisa sangat mengeringkan kulit.
    Jus jeruk nipis, yang juga mengandung asam sitrat, bisa digunakan sebagai pengganti lemon.
    Karena jus lemon memiliki pH 2 dan pH kulit 4.0-7.0, metode ini perlu digunakan dengan hati-hati. Jika dibiarkan terlalu lama, atau tidak diencerkan, ini dapat menyebabkan luka bakar kimiawi yang signifikan. Jus sitrus juga mengandung bahan kimia yang disebut Bergapten, yang berikatan dengan DNA dan memungkinkan radiasi UV merusak kulit lebih mudah, jadi Anda perlu mengawasi paparan sinar matahari jika Anda memiliki jus jeruk di kulit Anda. Bilas sebelum pergi ke matahari, dan kenakan tabir surya.

B.Dengan Soda Kue
 Soda kue dapat digunakan untuk pengelupasan kulit dan meminimalkan bekas jerawat. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur satu sendok teh soda kue dengan dua sendok teh air untuk membentuk pasta cair. Oleskan pasta ini ke seluruh wajah Anda dan gunakan gerakan memutar lembut untuk menggosokkan soda kue ke kulit, berkonsentrasi pada area bekas luka, selama sekitar dua menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan kulitnya. 

    Anda juga bisa menggunakan pasta soda kue sebagai pengobatan spot, mengoleskannya langsung ke area bekas luka dan membiarkannya selama 10 hingga 15 menit sebelum dicuci.
    Beberapa pendukung kulit menyarankan untuk tidak menggunakan metode ini. PH baking soda adalah 7,0, yang terlalu mendasar untuk pH kulit. PH kulit optimal terjadi antara 4,7 dan 5,5, yang merupakan lingkungan yang tidak ramah untuk hal. jerawat (bakteri yang menyebabkan sebagian besar jerawat). Dengan menaikkan pH ke tingkat yang lebih mendasar, hal. jerawat mampu bertahan lebih lama dan menyebabkan lebih banyak infeksi dan peradangan. Jadi cobalah metode ini dengan hati-hati, dan berhenti menggunakannya jika itu tidak efektif untuk Anda.

C.Gunakan Madu
 Madu adalah solusi alami yang bagus untuk membersihkan jerawat dan mengurangi tanda merah yang mereka tinggalkan. Ini karena madu mengandung khasiat antibakteri dan membantu menenangkan kulit serta mengurangi peradangan. Madu mentah atau manuka adalah yang paling efektif. Itu dapat diseka langsung ke area bekas luka, menggunakan ujung-q.

    Madu adalah pilihan yang bagus untuk mereka yang memiliki kulit sensitif, karena madu tidak menyebabkan iritasi, dan akan melembabkan kulit Anda alih-alih mengeringkannya, tidak seperti perawatan lainnya.
    Jika Anda bisa mendapatkan bubuk mutiara (dapat ditemukan di toko kesehatan atau online), Anda dapat mencampur sedikit saja dengan madu untuk perawatan yang sangat efektif. Bubuk mutiara seharusnya mengurangi peradangan dan memudarkan bekas jerawat.

D.Dengan Lidah Buaya
Getah tanaman lidah buaya adalah zat alami yang menenangkan yang dapat digunakan untuk meredakan banyak penyakit, dari luka bakar hingga luka hingga bekas jerawat. Lidah buaya membantu untuk meremajakan dan melembabkan kulit, mendorong bekas jerawat memudar. Dimungkinkan untuk membeli produk lidah buaya di toko obat, tetapi hal terbaik untuk dilakukan adalah membeli tanaman lidah buaya dan menggunakan getah dari daun yang pecah. Getah seperti gel ini dapat dioleskan langsung pada jaringan parut, dan tidak perlu dicuci.

    Untuk perawatan bekas luka yang lebih intens, Anda dapat mencampur satu atau dua tetes minyak pohon teh (yang mempromosikan kulit bening) ke dalam gel lidah buaya sebelum dioleskan.






E.Gunakan Es Batu
Es adalah obat rumahan yang sangat sederhana yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dengan menenangkan kulit yang meradang dan mengurangi kemerahan. Untuk menggunakannya, cukup bungkus es batu dengan kain bersih atau selembar tisu dan pegang di atas bekas luka selama satu atau dua menit, hingga area tersebut mulai terasa mati rasa. Terkadang bisa terbakar.

    Alih-alih membekukan air biasa, Anda dapat membekukan beberapa teh hijau yang kuat dalam baki es batu dan menggunakan es batu yang dihasilkan pada bekas jerawat. Teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang melengkapi efek pendinginan es.



F.Dengan Pasta Cendana
Cendana dikenal karena sifat penyembuhan kulitnya, dan mudah disiapkan di rumah. Cukup campur satu sendok makan bubuk kayu cendana dengan beberapa tetes air mawar atau susu untuk membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke area yang terkena dan biarkan selama setidaknya 30 menit sebelum dibilas. Ulangi proses ini setiap hari sampai bekas luka Anda lenyap.


    Atau, Anda bisa mencampurkan bubuk cendana dengan sedikit madu dan menggunakannya sebagai pengobatan spot pada bekas luka individu













G.Dengan Cuka Sari Apel
 Cuka sari apel membantu mengatur pH kulit Anda, memperbaiki penampilannya dari waktu ke waktu dan membantu mengurangi munculnya bekas dan bekas luka merah. Encerkan cuka menjadi setengah kekuatannya dengan air dan oleskan ke daerah yang terkena dampak setiap hari dengan bola kapas sampai bekas luka mulai memudar.



4.Merawat Kulit Anda

A.Lindungi kulit Anda dari sinar matahari

 Sinar ultraviolet dari matahari merangsang sel-sel kulit penghasil pigmen, [11] yang dapat memperburuk penampilan bekas jerawat. Jika Anda menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, lindungi kulit Anda dengan menggunakan tabir surya (SPF 30 atau lebih tinggi), kenakan topi lebar, dan jaga agar teduh sebisa mungkin.



B.Gunakan produk perawatan kulit yang lembut
 Sering kali, orang sangat ingin menghilangkan bekas jerawat dan perubahan warna kulit sehingga mereka akan menggunakan segala macam produk dan metode abrasif yang dapat mengiritasi kulit dan memperburuk keadaan. Coba dengarkan kulit Anda - jika bereaksi buruk terhadap produk tertentu, Anda harus segera berhenti menggunakan produk itu. Gunakan pembersih wajah yang lembut, penghapus make-up, pelembab dan lulur yang menenangkan kulit Anda dan bukannya mengobarkannya.

    Kesalahan besar yang dilakukan orang adalah mengoleskan pelembab ke kulit kering. Oleskan pelembab Anda ke BASAH / kulit lembab untuk menjamin pelembab itu bisa masuk ke pori-pori Anda.
    Alih-alih menggunakan pelembab biasa, campur beberapa krim wajah favorit Anda dengan Aloe Vera Gel. Lidah buaya adalah humektan alami yang berarti bahwa ia menyedot semua kelembaban dari udara ke wajah Anda. Ini akan membuat wajah Anda terhidrasi.
    Hindari menggunakan air yang sangat panas saat membersihkan wajah Anda. Air panas bisa sangat mengeringkan kulit, jadi turunkan suhu beberapa tingkat.
    Anda juga harus menghindari penggunaan facecloths kasar, spons dan loofah di wajah, karena ini terlalu keras dan dapat mengiritasi kulit.

C.Lakukan eksfoliasi secara teratur
Eksfoliasi membantu mengelupaskan kulit mati, memperlihatkan kulit baru yang segar dan lembut di bawahnya. Sebagai jaringan parut jerawat biasanya hanya mempengaruhi lapisan atas kulit, pengelupasan kulit dapat mempercepat proses memudar. Anda dapat melakukan pengelupasan kulit menggunakan scrub wajah tertentu, pastikan itu dirancang untuk kulit sensitif.

    Sebagai alternatif, Anda bisa mengelupas menggunakan kain lap lembut dan air hangat dengan menggerakkan kain lap itu di sekitar wajah Anda dengan gerakan melingkar kecil.
    Anda harus melakukan eksfoliasi setidaknya sekali seminggu dan paling banyak sekali sehari, meskipun jika kulit Anda sangat kering Anda mungkin ingin mempertahankannya hingga 3 hingga 4 kali seminggu.

D.Hindari memetik di tempat dan bekas luka

Meskipun mungkin menggoda, memetik bekas luka akan mengganggu proses penyembuhan kulit secara alami dan dapat memperburuk penampilannya. Mengambil jerawat yang ada, sementara itu, dapat menyebabkan kulit Anda bekas luka di tempat pertama, karena bakteri dari tangan Anda mungkin ditransfer ke wajah Anda, menyebabkannya menjadi meradang dan terinfeksi. Karena itu, pengambilan harus dihindari dengan cara apa pun.

E.Minumlah banyak air dan ikuti diet seimbang

Meskipun makan dengan sehat dan tetap terhidrasi tidak akan secara ajaib membuat bekas jerawat menghilang, ini akan memungkinkan tubuh Anda untuk melakukan yang terbaik dan membantu kulit menyembuhkan dirinya sendiri. Air akan mengeluarkan racun dari tubuh dan membuat kulit terlihat montok dan keras, jadi Anda harus minum 5 hingga 8 gelas sehari. Vitamin seperti A, C dan E juga akan membantu memberi makan kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

    Vitamin A ditemukan dalam sayuran seperti brokoli, bayam dan wortel dan vitamin C dan E ditemukan dalam jeruk, tomat, ubi jalar dan alpukat.
    Anda harus berusaha menghindari makanan yang berminyak, berlemak, dan bertepung sebanyak mungkin karena tidak akan membantu kulit Anda.

oke itu aja sob ..yang saya bagikan kali ini kalau ada yang kurang tulis aja sob dibawah..
see you next post sob..

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat"