Kelebihan dan kekurangan Jaringan 5G


Kelebihan dan kekurangan Jaringan 5G

Halooo sob..
Gimana kabarnya hari ini ,,pastinya sehat selalukan yah
Kali ini mau post seputar teknologi 5G yang akan datang
Jaringan 5G


Seiring dengan kemajuan teknologi ponsel cerdas, pelanggan telah melihat beberapa generasi teknologi data muncul dalam beberapa tahun terakhir. Ini dimulai dengan 3G, kemudian berkembang ke 4G LTE, dan sekarang orang mulai mendengar bisikan versi 5G di cakrawala. Walaupun mungkin masih jauh dari menjadi mainstream, penting bagi orang untuk mulai belajar tentang teknologi 5G sekarang sehingga mereka dapat memutuskan apakah fitur yang tepat untuk mereka. Dengan mengingat tujuan ini, apa saja kelebihan dan kekurangan dari teknologi 5G dalam hal smartphone dan perangkat pintar lainnya?

Keuntungan: Peningkatan Bandwidth untuk Semua Pengguna


Bagi mereka yang tidak tahu, bandwidth adalah jumlah "ruang" yang tersedia untuk orang yang menggunakan data untuk mengunduh file, melihat halaman internet, dan menonton video. Semakin sedikit bandwidth yang tersedia, semakin lambat perangkat semua orang akan berjalan. Salah satu keuntungan dari teknologi nirkabel generasi kelima yang baru ini adalah bahwa akan ada lebih banyak bandwidth pada jaringan data perusahaan seperti Verizon, T-Mobile dan Sprint. Banyak orang memiliki memori teknologi 3G ketika mereka menyaksikan bilah kemajuan memuat halaman web mereka. Pada 5G, ini akan mengkhawatirkan masa lalu. Ini berarti bahwa orang tidak akan merasa seperti mereka berjuang untuk data dengan semua pengguna lain ketika mereka memasuki ruang ramai seperti arena olahraga dan bandara. Dengan lebih banyak bandwidth yang tersedia, orang juga akan dapat menggunakan bandwidth ini untuk berbuat lebih banyak dengan perangkat mereka, menjadikannya lebih fleksibel daripada sebelumnya.

Keuntungan: Lebih Banyak Bandwidth Berarti Kecepatan Lebih Cepat

Dengan semakin banyak orang yang dapat menggunakan peningkatan bandwidth ini, beberapa orang mungkin khawatir tentang kecepatan mereka pada jaringan 5G. Ini akan menjadi masalah di masa lalu karena orang yang menggunakan jaringan 5G akan dapat menjelajahi web, mengunduh file, dan bahkan streaming video dengan kecepatan tinggi. Sementara orang-orang di jaringan 3G dan 4G mungkin ingat kesulitan untuk mengunduh file atau menonton video selama beberapa menit, ini tidak akan menjadi masalah dengan jaringan 5G. Karena peningkatan bandwidth, orang-orang akan dapat menggunakannya lebih banyak tanpa berkerumun dengan pengguna lain. Dengan lebih banyak jaringan yang didedikasikan untuk setiap perangkat pintar individu, perangkat pintar akan dapat berjalan lebih cepat daripada sebelumnya.

Tetapi dibalik kelebihan pasti ada kerugian
Kerugian: Peningkatan Bandwidth berarti Lebih Sedikit Cakupan.

Salah satu keuntungan utama menara sel 3G adalah bahwa mereka dapat mencakup wilayah yang sangat luas dengan sel yang relatif sedikit. Ini karena jaringan tidak memerlukan banyak bandwidth, artinya jaringan harus menggunakan lebih sedikit sel. Ketika teknologi berkembang ke jaringan 4G, sel-sel menghasilkan lebih banyak bandwidth, yang berarti radius jangkauan masing-masing sel lebih kecil. Orang-orang mungkin memperhatikan bahwa jangkauan mereka lebih sering turun daripada di jaringan 3G mereka. Ketika jaringan 5G diluncurkan, tren ini akan terus berlanjut. Dibutuhkan lebih banyak menara sel untuk menghasilkan bandwidth yang sangat besar ini karena sel-sel tersebut tidak dapat mencakup ruang sebanyak sel 3G atau 4G. Karena lebih banyak sel perlu diluncurkan, pengguna 5G harus berharap bahwa jangkauan mereka mungkin tidak seluas pada awalnya.


Kerugian: Frekuensi Radio Dapat Menjadi Masalah Radio, menara sel, dan bahkan satelit berkomunikasi menggunakan frekuensi radio.


Frekuensi diukur dalam Hz dan frekuensi radio cenderung beroperasi dalam rentang GHz. Laporan awal pada jaringan 5G menunjukkan bahwa jaringan ini akan mengirimkan datanya dalam kisaran sekitar 6 GHz. Sayangnya, rentang frekuensi radio ini sudah dipenuhi oleh sinyal lain, seperti tautan satelit. Dengan berbagai jenis sinyal yang beroperasi di kisaran 6 GHz, wajar jika kita bertanya-tanya apakah kepadatan yang berlebihan akan menimbulkan masalah ketika orang mencoba mengirimkan sinyal data mereka pada frekuensi ini. Apakah akan ada masalah pengiriman dan penerimaan sinyal? Waktu akan memberi tahu ketika frekuensi jaringan ini mulai menyebar. Keuntungan: Opsi Teknologi Baru Dapat Tersedia di Jaringan 5G Penelitian dan laporan awal tentang teknologi 5G menunjukkan bahwa perangkat pintar yang beroperasi pada jaringan 5G mungkin dapat beroperasi pada kecepatan yang ribuan kali lebih cepat daripada pada jaringan 4G. Dengan pengembangan awal perangkat pintar, tugas-tugas yang hanya dapat dilakukan pada komputer desktop atau laptop di masa lalu tiba-tiba dapat dilakukan pada perangkat pintar, seperti email dan penelusuran web. Seiring kecepatan jaringan yang meningkat, semakin banyak tugas yang ditransisikan dari dunia komputer ke dunia perangkat pintar. Dengan meningkatnya kecepatan jaringan, ini bisa membuka pintu baru untuk teknologi perangkat pintar yang mungkin belum tersedia. Apa jenis aplikasi baru yang menarik yang akan dikembangkan untuk perangkat pintar yang berjalan di jaringan 5G? Pintu seperti apa yang akan meningkatkan kecepatan terbuka ini? Meskipun jaringan 5G mungkin masih dalam pengembangan, tidak ada keraguan bahwa informasi menarik datang dari para peneliti dan laporan. Sudah ada perlombaan yang terjadi untuk melihat siapa yang akan merilis teknologi nirkabel baru terlebih dahulu. Dengan setiap generasi baru dari jaringan data, selalu ada kelebihan dan kekurangan untuk dibahas. Pertanyaannya adalah bagaimana jaringan bermaksud memanfaatkan kelebihannya sambil melindungi penggunanya dari kekurangannya yang pada akhirnya akan menentukan keberhasilannya. Informasi ini penting karena pengguna ingin tahu apa dampak jaringan 5G terhadap penggunaan perangkat pintar.


Itu saja sob,post kali ini
See you next post all.......


2 Responses to "Kelebihan dan kekurangan Jaringan 5G"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel