Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Buah sedunia

#Healthies 


Setiap tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Buah Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengonsumsi buah setiap hari. 

Buah dan sayur merupakan sumber vitamin, mineral dan serat yang penting untuk tubuh. Terutama sayur dan buah-buahan yang berwarna, karena mengandung banyak vitamin dan antioksidan.

Apa aja sih manfaat konsumsi buah dan sayur?

1. Menjaga metabolisme tubuh.

2. Membantu menangkal senyawa & radikal bebas yg bisa menurunkan kondisi tubuh.

3. Menjaga kenormalan kolesterol, tekanan darah, kadar gula dan melancarkan pencernaan.

4. Membantu mengatasi obesitas.

5. Mencegah & mengobati kanker.

Untuk balita dan anak usia sekolah dianjurkan konsumsi buah dan sayur sebanyak 300-400 gram per hari, sedangkan remaja dan orang dewasa 400-600 gram per hari. Sekitar 2/3 anjuran konsumsi tersebut adalah porsi sayur.

Konsumsi buah yang sangat manis dan tinggi serat sebaiknya dibatasi, karena buah jenis tersebut mengandung fruktosa dan glukosa yang tinggi. Jika konsumsi fruktosa dan glukosa tinggi berpotensi meningkatkan kadar gula darah. 

Lantas, bagaimana konsumsi buah dan sayur di masa pandemi COVID-19?

Di masa pandemi sekarang ini, Pemerintah melalui menganjurkan masyarakat untuk semakin memperbanyak konsumsi buah dan sayur.  Untuk itu, Kemenkes telah mengeluarkan panduan gizi seimbang pada masa pandemi COVID19.

Dalam panduan tersebut memuat anjuran untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang sejalan dengan menu isi piringku. Selain itu, ada juga vitamin yg direkomendasikan dimasa pandemi yakni vitamin A, B complex, C,D,E dan konsumsi mineral seperti zinc, selenium, magnesium dan zat besi. Selain itu juga diharapkan agar masyarakat bisa selalu bahagia dengan berbagai cara, misalnya berolahraga ringan, mendengarkan lagu dan lain-lain.

Thx

Post a Comment for " Tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Buah sedunia"